Jumat 17 Apr 2015 21:10 WIB

Manusia Prasejarah ini Lakukan Ritual Kanibalisme

Rep: C09/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kehidupan prasejarah (ilustrasi)
Kehidupan prasejarah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON –- Para peneliti dari Museum Sejarah di London dan peneliti dari University College London menemukan manusia prasejarah yang ditemukan di Gua Gough, Somerset, Inggris, adalah kanibal. Tulang belulang manusia prasejarah yang ditemukan diperkirakan telah berusia 14,7 ribu tahun.

 

Dilansir Daily Mail, peneliti menemukan kerangka manusia tersebut dipotong sebelum dikunyah dan menjadi hancur. Penggalian yang dilakukan antara 1880 sampai 1992 itu juga menunjukkan banyak terdapat tanda gigitan di kerangka.

 

Lebih anehnya, manusia-manusia prasejarah itu menjadikan tengkorak manusia sebagai cangkir dan mangkuk. Diduga, pada zaman es, kanibalisme sudah dijadikan sebagai ritual untuk menghormati kerabat mereka yang mati.

 

“Analisis lebih lanjut di Gua Gough ini akan membantu menemukan ritual kanibalisme seperti apa yang dilakukan dan praktiknya dilakukan secara regional atau mendunia,” jelas arkeolog University College London Simon Parfitt, Kamis (16/4).

 

Manusia prasejarah yang hidup di gua Gough tersebut adalah jenis Magdalenians. Kerangka manusia pertama kali ditemukan di sana pada 1880-an dan pada 1903 kerangka manusia Inggris tertua, yang dikenal dengan sebutan Cheddar Man, juga ditemukan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement