Sabtu 18 Apr 2015 10:01 WIB

Reklamasi Cina Dianggap Ancam AS

Rep: c23/ Red: Dwi Murdaningsih
Militer AS
Foto: VOA
Militer AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON –- Senator sekaligus Ketua Komite Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (AS), John McCain mengatakan modernisasi militer Cina, terutama di daerah Laut Cina Selatan, dirancang untuk melawan AS.  Dia menambahkan Washington memiliki banyak pekerjaan untuk mempertahankan keunggulan militer AS di kawasan Asia Pasifik.

“Ketika negara manapun mengisi enam ratus hektar tanah (reklamasi) dan membangun landasan pacu untuk militer, kemungkinan besar merupakan ancaman, juga bagi ekonomi dunia,” kata McCain seperti dilaporkan, Reuters (17/4).

McCain juga meminta pemerintahan Obama untuk bertindak cepat dan tegas untuk mengatasi masalah reklamasi Cina. “Hal itu penting untuk meningkatkan kerjasama dengan negara-negara Asia yang khawatir oleh Cina,” tambahnya.

Sebelumnya, gambar satelit terbaru yang telah dipublikasikan pada Kamis (16/4), menunjukan Cina semakin pesat perkembangannya untuk membangun sebuah landasan yang diperuntukkan bagi militer mereka. Hal ini disambut keprihatinan dari Amerika Serikat (AS) dan negara-negara di Asia karena Cina membangun landasan tersebut di kepulauan Spratly, Laut Cina Selatan, yang sedang menjadi sengketa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement