Ahad 19 Apr 2015 02:50 WIB

Marco Rubio Tak Khawatir Soal Uang Kampanye

Rep: c25/ Red: Satya Festiani
Israel's President Shimon Peres, center right, speaks with US Sen. Marco Rubio, R-Fla. (left) during their meeting in the President's residence in Jerusalem, Wednesday, Feb. 20, 2013. Rubio is on a visit to the region.
Foto: AP/Sebastian Scheiner
Israel's President Shimon Peres, center right, speaks with US Sen. Marco Rubio, R-Fla. (left) during their meeting in the President's residence in Jerusalem, Wednesday, Feb. 20, 2013. Rubio is on a visit to the region.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kurang dari seminggu setelah mengumumkan kampanye pencalonan president 2016, senator Republic  Marco Rubio dari Florida tidak perlu mengkhawatirkan soal uang.

“Marco Rubio akan mendapatkan sumber dana kampanye kelas pertama, yang sudah ditentukan,” jelas miliarder dealer mobil Florida Norman Braman, mantan pendukung Jeb Bush yang kini menjadi salah satu donor tertinggi dan bayangan Rubio.

Pendiri Annandale Capital George Seay, yang menjadi ketua pengumpulan dana Rubio dengan uang Dallas, di rumahnya seluas 7.000 meter persegi dengan tujuh kamar mandi, mengatakan, Marco tidak memiliki kesulitan untuk mengumpulkan uang.

Setidaknya tujuh pendonor besar lainnya mengatakan calon mereka telah menerima komitmen moneter lebih dari 40 juta dolar yang ia akan perlukan untuk persaingan melalui putaran utama presiden yang akan menampilkan kerumunan calon Partai Republik berpengalaman dengan dukungan keuangan yang kuat.

Uang penggalangan Rubio datang setelah jaringan Senator Ted Cruz, Super PAC, meraup 31 juta dolar menyusul pengumuman Cruz pada bulan Maret kalau ia sedang mencari nominasi presiden dari Partai Republik.

Laju berbahaya penggalangan dana 2016, ditandai dengan tujuan mantan Gubernur Florida Jeb Bush untuk meningkatkan hingga 100 juta dolar, merupakan simbol dari seberapa banyak 2010 Warga Inggris putusan Mahkamah Agung mengeluarkan era belanja politik yang tak terkekang oleh korporasi berorientasi profit dan kekayaan serta mengubah kalkulus keuangan kampanye.

Pada saat para milyarder dapat membiayai politisi pilihan mereka sendiri melalui super PAC, dalam beberapa hal tidak pernah lebih mudah untuk mengumpulkan uang. Hal itu menandakan fase yang reformis akan kampanye uang takut akan lebih memusatkan kekuasaan politik di tangan berkantung tebal.

Komitmen dari Rubio, Cruz dan Bush memastikan musim Partai Republik ini akan kuat mengingat bahwa mengumpulkan uang tidak lagi masalah seperti dahulu. Hal ini juga membuat suasana lebih menegangkan bagi pimpinan Demokrat Hillary Clinton, yang akan menjadi target kritik untuk parade musuh Republik.

Kampanye Clinton dikatakan meningkat 2.5 miliar dolar AS, bahkan ketika Clinton sendiri menyerukan reformasi dana kampanye Setelah pengumuman pada hari Senin, Rubio berangkat untuk serangkaian pengumpulan dana, termasuk pertemuan yang elegan di New York. Sudah dilaporkan bahwa Manager New York Hedge Fund, Paul Singer, adalah pendonor kampanye Rubio di level atas.

Tapi juru bicara Singer membantah laporan itu dan mengatakan pada Reuters, "Pak Singer sangat antusias dengan GOP kuat, tetapi belum menetap di salah satu kandidat."

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement