Ahad 19 Apr 2015 21:00 WIB

Indonesia Perkuat Hubungan dengan Negara Pasifik

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Julkifli Marbun
Negara di Kepulauan Pasifik
Foto: .
Negara di Kepulauan Pasifik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vanuatu dalam waktu dekat akan membuat Kedutaan Besar di Jakarta, Indonesia. Hal itu dilakukan guna memperkuat hubungan antar kedua negara Psifik tersebut.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan itu artinya hampir semua negara pasifik mempunyai kantor perwakilan di Indonesia. "P&G (Papua Nugini), Solomon Island, Fiji dan juga Vanuatu," katanya usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Vanuatu, Sato Kilman di Jakarta Convention Center, Ahad (19/4).

Kunjungan bilateral tersebut dilakukan di sela-sela penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA). Sebelum melakukan pertemuan dengan Vanuatu, Retno juga melakukan pembicaraan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Fiji Hon. Ratu Inoke Kabuabola.

Dalam pertemuan tersebut, Retno mengungkapkan bila keduanya akan bekerjasama dalam bidang ekonomi dan teknis termasuk fish keeping juga membicarakan terkait visa diplomat dan juga pemberdayaan perempuan. Nantinya, Retno mengaku bila dirinya akan bertolak ke Fiji untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut.

"Agustus kami akan bertemu lagi di Fiji," lanjut dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement