Selasa 21 Apr 2015 13:10 WIB

Jepang Miliki Kereta Magnetik Berkecepatan 603 Km per Jam

Rep: c09/ Red: Dwi Murdaningsih
Kereta Cepat (ilustrasi)
Foto: Republika/willy
Kereta Cepat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO – Sebuah kereta levitasi magnetik Jepang memecahkan rekor kecepatan dunia setelah bergerak dengan kecepatan 603 km per jam dalam uji coba di dekat Gunung Fuji. Kereta tersebut mengalahkan kecepatan kereta uji coba sebelumnya yang bergerak dengan kecepatan 590 km per jam.

BBC melansir, kereta levitasi magnetik Jepang menggunakan magnet bermuatan listrik untuk membawa gerbong di atas rel. Sebagai pemilik kereta, perusahaan Central Japan Railway (JR Central) berencana untuk memperkenalkan layanan kereta rute Tokyo-Nagoya pada 2027 mendatang.

Perjalanan 280 km antara Tokyo dan Nagoya, bisa ditempuh dalam waktu 40 menit. Namun, penumpang tidak akan merasakan kecepatan tertinggi kereja tersebut karena kereta akan beroperasi maksimum pada kecepatan 505 km per jam.

Persiapan diperkirakan menghabiskan dana sebesar 100 miliar dolar hanya untuk rute ke Nagoya. Jepang rencananya akan membangun terowongan mahal.

Pemerintah Jepang juga berharap dapat menjual teknologi kereta levitasi magnetik luar negeri. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, telah diundang ke Amerika Serikat untuk turut serta dalam pembangunan jalur rel kereta kecepatan tinggi antara New York dan Washington.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement