Ahad 26 Apr 2015 09:10 WIB

Salah Satu Korban Gempa Nepal Eksekutif Google

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
Puncak Gunung Everest.
Foto: AP Photo/Kevin Frayer
Puncak Gunung Everest.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Gempa Nepal telah menewaskan ratusan orang baik masyarakat lokal maupun orang asing, Sabtu (25/4). Termasuk diantaranya seorang eksekutif Google, Dan Fredinburg.

Pria yang sering menyebut dirinya seorang petualang tersebut tewas ketika mendaki gunung Everest. Google mengonfirmasi informasi tersebut.

Direktur perusahaan untuk urusan privacy, Lawrence You mengatakan Fredinburg mendaki bersama tiga karyawan Google yang lain. ''Tiga orang karyawan lain selamat,'' katanya.

Google tidak memberikan informasi lebih lanjut. Berdasarkan blog teknologi Re/Code, Fredinburg adalah seorang pendaki ahli. Ia juga berperan dalam lahirnya Google Adventure.

Fredinburg mulai bekerja di Google pada 2007. Ia menjabat posisi manager produk dan kepala privasi di Google X dan telah melahirkan proyek-proyek yang berkaitan dengan dunia ekstrim.

Ia juga membantu pendirian organisasi peduli global warning, Save the Ice. Pasca gempa, Google meluncurkan perangkat ''person finder'' untuk membantu Nepal mencari korban lainnya.

''Perangkat tersebut bekerja untuk terus memperbaharui citra satelit sehingga membantu upaya pencarian,'' kata Google. Perusahaan berkomitmen menggelontorkan 1 juta dolar AS untuk respon gempa.

Aktris Sophia Bush yang tampak berfoto bersama dengan Fredinburg di salah satu foto instagramnya mengenal pria tersebut sebagai seorang yang langka. ''Sebuah robot yang suka naik dinosaurus dan mengejar matahari untuk masa depan yang lebih baik,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement