Ahad 03 May 2015 22:22 WIB

Sepekan Tertimpa Reruntuhan Gempa, Kakek 101 Tahun Ini Selamat

Rep: c93/ Red: Bilal Ramadhan
Masyarakat dan petugas bekerjasama membersihkan puing reruntuhan gempa di Nepal.
Foto: Reuters
Masyarakat dan petugas bekerjasama membersihkan puing reruntuhan gempa di Nepal.

REPUBLIKA.CO.ID, KATHMANDU – Perwira Polisi Nepal Arun Kumar Singh mengungkapkan telah menyelamatkan seorang pria berusi 101 tahun setelah seminggu tertimbun reruntuhan rumahnya di Nepal, Ahad (03/05).

Pria bernama Funchu Tamang diselamatkan pada hari Sabtu dengan hanya mengalami luka ringan dan langsung dilarikan ke rumah sakit di kabupaten Nuwakot atau sekitar 50 mil dari Kathmandu.

“Ia dibawa menggunakan Helikopter dan kondisinya pun stabil. Dia hanya mengalami luka ringan di pergelangan kaki dan tangannya,” Kata Singh seperti dikutip dari The Guardian.

Polisi juga berhasil menyelamatkan 3 orang wanita dari bawah puing-puing pada Ahad di Sindhupalchowk yang merupakan salah satu wilayah yang paling parah akibat gempa. Meski begitu, menurutnya belum diketahui berapa lama mereka telah terperangkap di sana.

Saat diselamatkan, seorang di antaranya telah terkubur tanah longsor, sementara dua lainnya berada di bawah reruntuhan rumah yang roboh. "Mereka dibawa ke rumah sakit untuk perawatan," kata Seorang Perwira Polisi Kathmandu Suraj Khadka.

Sementara itu, Tim penyelamat dari lebih 20 negara mengerahkan anjing pelacak dan peralatan pencari lainnya untuk pencarian korban selamat. Sementara di luar kota, upaya pencarian dan penyelamatan sebagian besar dilakukan oleh polisi dan tentara setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement