Senin 04 May 2015 12:35 WIB

Hina Islam, Blogger Malaysia Bikin Azan Versi R&B

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Alvin Tan
Foto: Straits Times
Alvin Tan

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Blogger kontroversial Malaysia, Alvin Tan sekali lagi menyinggung umat Muslim, melalui unggahan terbarunya di media sosial. Kali ini, Tan melantunkan adzan versi R&B-nya dengan diiringi piano.

Seperti dilansir BBC News Senin (4/5), dalam video berdurasi dua menit 49 detik yang diunggahnya di Youtube, Tan tampak bertelanjang dada dan mengenakan kacamata hitam. Ia memainkan piano sambil melantunkan adzan dengan kacau.

"Tolong jangan marah sama saya karena lirik yang salah, pertama ini versi ulang sehingga sedikit modifikasi diperbolehkan dan kedua saya bukan pelaku bom bunuh diri," tulis Tan di bagian bawah video yang diunggahnya itu.

Video yang diunggah 21 April 2015 tersebut telah ditonton lebih dari 400 ribu kali. Mayoritas umat Muslim yang melihat unggahan Tan bereaksi sangat keras. "Alvin Tan, malu pada diri Anda!" tulis salah satu komentar.

"Ini adalah salah satu penghinaan (paling) mengerikan yang pernah saya lihat," kata yang lain.

"Saya Muslim dan Saya tidak Marah. Suatu hari Anda akan menjadi salah satu dari kami, kakak," komentar lainya.

Unggahan Tan membuat perdebatan di Malaysia. Seperti diketahui 60 persen warga Malaysia merupakan Muslim.

Tan yang berasal dari keturunan Cina membenarkan pernyataannya dengan mengaku membela nilai-nilai sekuler dan liberal. Menurut Tan, reaksi dari unggahannya menunjukkan Malaysia tak menjamin kebebasan berbicara.

Namun, pandangan Tan bahkam tak populer bagi kalangan non-Muslim di negara itu. Mereka menyatakan, sikap Tan sudah keterlaluan. "Alvin Tan sudah kelewatan. Tapi yang pasti perilaku dan sikapnya tak mewakili masyarakat Tionghoa di Malaysia. Jadi salahkan dia, bukan Cina," tulis salah satu pengguna Twitter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement