Selasa 05 May 2015 17:25 WIB

Bertie, Kuda Nil Tertua di Amerika Utara Mati

REPUBLIKA.CO.ID, DENVER -- Kebun Binatang Denver, Senin (4/5), berkabung atas kematian Bertie, kuda nil jantan berusia 58 tahun, penghuni terlama dan kuda nil tertua terakreditasi di kebun binatang Amerika Utara.

"Bertie menjalani perlakuan eutanasia setelah pengasuhnya melihat penurunan berarti dalam mutu hidup kuda nil itu karena usia lanjut," kata kebun binatang tersebut dalam pernyataan.

Kebanyakan kuda nil hidup sekitar 30 hingga 40 tahun di alam liar dan hingga 50 tahun di kebun binatang.

"Ini kehilangan sangat menyedihkan bagi Kebun Binatang Denver dan masyarakat kami. Bert menjadi anggota keluarga kami selama lebih dari 50 tahun," kata Presiden dan Pemimpin Pelaksana Kebun Binatang Shannon Block.

"Dia akan dirindukan oleh kami semua, termasuk banyak keluarga dan anak-anak yang engunjunginya dan mengenal kepribadiannya, yang karismatik selama bertahun-tahun," kata Block dalam pernyataannya.

Kebun binatang itu mengatakan nafsu makan Bertie baru-baru ini menurun secara signifikan dan ia juga secara konsisten kurang tertarik dengan sesi pelatihan dengan pengasuhnya. Dia juga menjadi enggan meninggalkan kolam renang dan menunjukkan beberapa kesulitan berjalan.

Kebun binatang mengatakan dokter hewan memiliki pilihan terbatas dalam hal pengobatan karena Bertie tidak merespon obat-obatan dengan baik. Mendiagnosis masalah di kuda nil sangat sulit karena ukuran dan anatomi mereka, tapi semua gejala yang dialami Bertie menunjukkan usia tua yang parah.

Pada akhirnya, pengasuhnya memahami jika kualitas hidup Bertie tidak akan dapat diperbaiki.

"Ini tidak pernah menjadi keputusan yang mudah, tapi itu yang benar. Kami semua akan sangat merindukannya, tapi senang ia hidup lama dan bahagia di sini di kebun binatang," kata Wakil Presiden Pengobatan Hewan kebun binatang itu Scott Larsen.

Bertie tiba pada 1958 dari Central Zoo New York Park. Dia ayah dari setiap anak kuda nil yang lahir di Kebun Binatang Denver. Menurut kebun binatang itu, Bertie menjadi bapak 29 anak dengan dua pasangan. Salah satunya adalah kuda nil jantan berusia 12 tahun, Mahali yang menjadi satu-satunya kuda nil di kebun binatang tersebut.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement