Rabu 06 May 2015 08:48 WIB

Badai Tornado Porak-porandakan Jerman

Rep: C23/ Red: Erik Purnama Putra
Badai tornadi sapu Kota Hamburg, Jerman, Selasa (5/5).
Foto: Reuters
Badai tornadi sapu Kota Hamburg, Jerman, Selasa (5/5).

REPUBLIKA.CO.ID, HAMBURG -- Badai Tornado telah memporak-porandakan utara Jerman dan menyebabkan kerusakan luas, serta menewaskan satu orang. Tornado juga mengakibatkan terputusnya arus transportasi dan komunikasi di sana.

Di Kota Buetzow, dekat Rostock, sebuah mobil terlempar sejauh 70 meter dan merusak bangunan. Di Hamburg, seorang pria 26 tahun tewas dan pacarnya yang sedang hamil cedera ketika puing-puing berterbangan, lalu menghantam mobil mereka.

Angin kencang dan petir yang menghentikan layanan perjalanan bus dan kereta, menyebabkan kekacauan perjalanan. Jalur kereta api antara Hamburg dan Leubeck diblokir di kedua arah karena pohon tumbang.

Media Jerman melaporkan kecepatan angin hingga 119km per jam di Geilenkirchen utara. Kecepatan itu juga membuat kapal-kapal Jerman tidak melaut, dan kembali ke dermaga.

"Sedikitnya 30 orang telah terluka karena puing-puing yang terbang. Balai kota, panti jompo, dan gereja juga rusak ladah," kata seorang pejabat lokal, seperti dilansir BBC News, Rabu (6/5).

Polisi di Buetzow melaporkan kerusakan parah akibat tornado juga menimpa rumah sakit. Karena atap rumah sakit berterbangan, penghuni rumah sakit harus dievakuasi sebagian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement