Rabu 06 May 2015 17:00 WIB

'India Ingin Lenyapkan Pakistan dari Peta Dunia'

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Pakistan army
Foto: Reuters
Pakistan army

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Menteri Pertahanan Pakistan Khawaja Asif dalam sebuah wawancara menggambarkan RAW sebagai organisasi musuh. Menurutnya, RAW sengaja dibentuk untuk menghancurkan Pakistan.

RAW mengacu pada salah satu sayap badan intelijen India, Sayap Penelitian dan Analisis.

"RAW telah dibentuk untuk merusak dan melenyapkan Pakistan dari peta dunia," kata Asif, Selasa (5/5).

Kedua negara tetangga terlibat tiga kali perang sejak 1947. Mereka juga saling klaim penuh wilayah Kashmir, yang memiliki populasi mayoritas Muslim.

India menyangkal tuduhan Pakistan, dan malah menuduh Pakistan mendukung militan melancarkan serangan di India dan Kashmir India. India juga menuduh Pakistan mendukung Taliban di Afghanistan. Tuduhan-tuduhan tersebut dibantah Pakistan.

Di awal kepemimpinannya, Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif sempat berencana memprioritaskan peningkatan hubungan dengan India. Hal tersebut bahkan menyebabkan gesekan dengan militer, yang melihat hubungan dengan India merupakan tanggung jawab mereka.

Tapi akhir bulan lalu, Sharif menuduh India gagal merespon keinginan Pakistan memperbaiki hubungan.

India marah pada Pakistan, sebab April lalu Pakistan membebaskan Zaki-ur Rehman Lakhvi. Lakhvi selama ini dituduh merencanakan serangan ke Mumbai pada 2008 yang menewaskan 166 orang.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement