Senin 25 May 2015 03:40 WIB

Matematikawan John Nash Meninggal dalam Kecelakaan

Rep: C39/ Red: Yudha Manggala P Putra
John Forbes Nash Jr
Foto: Huffington Post
John Forbes Nash Jr

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Matematikawan John Forbes Nash Jr, pemenang Hadiah Nobel yang sudah lama berjuang dengan penyakit schizophrenia, dikabarkan tewas dalam kecelakaan mobil bersama istrinya, Alicia di New Jersey pada Sabtu (14/5) waktu setempat.

Reuters mengutip keterangan polisi New Jersey pada Ahad melaporkan, pada waktu kejadian pasangan itu berada di dalam taksi. Sopir taksi kehilangan kendali saat di jalan tol dan menabrak pagar pembatas. Nash dan Alicia dilaporkan terpental keluar dan meninggal di tempat kejadian. 

Sedangkan sopir taksi, menurut polisi, sudah dibawa ke rumah sakit dengan cedera yang cukup parah dan pengemudi kendaraan lain yang terkena imbas kecelakaan itu juga sudah dirawat di rumah sakit.

Juru Bicara Kepolisian Gregory Williams menolak mengomentari laporan media bahwa mereka tidak mengenakan sabuk pengaman.

Nash adalah seorang matematikawan yang pernah dianugerahi Hadiah Nobel untuk bidang ekonomi pada tahun 1994 untuk karyanya "Game Theory" atau teori permainan. 

Nash menerima gelar Ph.D. dari Princeton pada tahun 1950 dan menghabiskan sebagian besar karirnya di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Menurut biografinya di situs Nobel Prize, dia mulai mengalami gejala schizophrenia pada 1959 setelah menikahi Alicia.

Kisah Nash pernah menginspirasi film peraih Oscar berjudul "A Beautiful Mind" yang diperankan oleh Russel Crowe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement