Selasa 26 May 2015 10:02 WIB

Tornado Mengantam Meksiko, 13 Orang Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham
Tornado di Oklahoma
Foto: time
Tornado di Oklahoma

REPUBLIKA.CO.ID, CIUDAD ACUNA -- Tornado menghantam kota Ciudad Acuna di kota negara bagian Coahuila, Meksiko pada Senin (25/5). Akibatnya, 13 orang dilaporkan tewas dan ratusan rumah rusak.

Daerah bencana berbatasan dengan Del Rio, Texas yang sedang diterjang banjir bandang. Gambar dan video saat kejadian menunjukan mobil-mobil berterbangan dan menghantam bangunan.

Puluhan orang dilaporkan terluka. Gubernur Coahulla, Ruben Moreira mengatakan, korban tewas adalah 10 orang dewasa dan tiga anak. Jumlah korban tewas kemungkinan bertambah.  

''Seorang bayi hilang dan 150 orang telah dibawa ke rumah sakit,'' kata dia dikutip BBC, Selasa (26/5). Menurut Walikota Ciudad Acuna, Evaristo Lenin Perez, sebagian besar korban adalah mereka yang berada di luar rumah.

Karena itu, ia mengimbau semua penduduk untuk tetap di dalam rumah atau bangunan. Perez menambahkan, tornado ini menjadi tornado pertama yang menghantam kota sejak lebih dari 100 tahun terakhir.

Tim penyelamat menyisir sekitar 750 bangunan rusak untuk mencari lebih banyak korban. ''Ada banyak mobil di atas rumah, mereka yang tewas, dan luka bergeletakan di jalan, ini benar-benar berantakan,'' kata penduduk lokal, Maria del Rosario Raminez pada koran Meksiko La Jornada.

Presiden Meksiko, Enrique Pena menyampaiakan belasungkawa dan solidaritas untuk keluarga para korban. Ia akan segera mengunjungi Ciudad Acuna. ''Pemerintah akan memperbaiki kerusakan dan menyediakan segala dukungan yang dibutuhkan,'' tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement