Selasa 26 May 2015 10:17 WIB

Perkenalkan! 10 Jenis Makhluk Hidup yang Baru Ditemukan

Rep: C26/ Red: Ilham
Aneka macam hewan (ilustrasi)
Aneka macam hewan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bumi dengan segala isinya selalu menarik untuk diteliti. Jutaan spesies binatang dan tumbuhan hidup di berbagai belahan dunia dengan habitatnya masing-masing.

Para peneliti tidak bosan melakukan eksperimen dan observasi untuk menemukan jenis-jenis makhluk hidup baru. Pada 2013 lalu, ilmuwan menemukan ikan buntal putih berbintik yang kemudian dicatat sebagai jenis hewan baru.

International Institute for Species Exploration (IISE) mencatat ada sepuluh jenis hewan dan tumbuhan baru yang berhasil ditemukan ilmuwan di berbagai belahan dunia. Seperti dilansir dari Rocketnews24, Selasa (26/5), berikut kesepuluh jenis hewan tersebut :

1. Anzu wyliei

Jenis burung yang dikabarkan mirip dengan dinosaurus. Hewan ini juga digambarkan sebagai ayam dari neraka.

2. Balanophora coralliformis

Tanaman parasit ini disebut-sebut sangat langka. Ditemukan dan diyakini berasal dari Filiphina. Seperti kebanyakan parasit, mereka hidup menginang pada tumbuhan lainnya.

3. Cebrennus rechenbergi

Hewan ini juga dikenal sebagai laba-laba berputar. Laba-laba asal Maroko ini menjauhi bahaya. Mereka hanya menyerang ketika terancam.

4. Dendrogramma enigmatica

Hewan-hewan multiseluler aneh sebenarnya menjadi jenis baru. Meskipun mereka tampaknya mirip dengan binatang lain seperti ubur-ubur.

5. Deuteragenia osarium

Serangga ini dikenal sebagai tawon Bone-Home. Serangga ini membuat rumah di batang-batang kayu untuk telur-telurnya.

6. Limnonectes larvaepartus

Katak asal Indonesia ini tergolong unik. Mereka berkembang biak dengan melahirkan berudu berikut fertilisasi secara internal.

7. Phryganistria tamdaoensis

Seperti Sebuah tongkat raksasa, serangga ini umum di daerah banyak ahli taksonomi mengunjungi. Tapi belum ada yang melihat lagi sampai sekarang!

8. Phyllodesmium acanthorhinum

Jenis siput laut yang satu ini berciri khas warna-warni. Makhluk ini ditemukan di Okinawa.

9. Tillandsia religiosa

Bromeliad, nama umum untuk jenis hewan ini yang sering dijumpai di Meksiko. Hewan ini sering digunakan dalam suasana Natal. Meskipun telah lama dikenal dan digunakan oleh penduduk setempat, ahli taksonomi belum mendokumentasikan itu sampai saat ini.

10. Torquigener albomaculosus

Meskipun terakhir dalam daftar, ikan buntal putih berbintik ini penting untuk kalangan laut. Hewan ini dianggap misterius yang membuat peneliti bingung selama hampir dua dekade.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement