Kamis 28 May 2015 01:28 WIB

Pulau Ini Terancam Hilang Dimakan Kutu

Rep: c26/ Red: Taufik Rachman
Bendera Jepang
Foto: techgenie.com
Bendera Jepang

REPUBLIKA.CO.ID,HIROSHIMA -- Mungkin sering kita dengar pulau yang sedikit demi sedikit terkikis akibat air laut. Namun di Jepang ada pulau yang hampir hilang bukan karena sering diterpa ombak tapi serangga kutu.

Pulau Hoboro, nama pulau di lepas pantai Hiroshima, Jepang, awalnya memiliki luas 364 meter yang terdiri dari bebatuan di sekelilingnya.  Saat ini luasnya menyusut tersisa 90 meter.

Bukan karena air laut, tapi kutu yang memakan batu-batu yang ada di pulau. Seperti dilansir dari Rocketnews24, Kamis (28/5) mereka melubangi untuk membuat rumah dan mencari makanan berupa plankton atau kotoran kerang.

Di Jepang mereka dinamakan Nanatsubakotsubumushi sedangkan dalam bahasa inggris sering disebut pill bugs atau roly polies. Serangga yang dapat menggulung menjadi bola dan dianggap hama di rumah.

Batu-batu keras dibuat berlubang hingga akhirnya hancur seiring banyaknya lubang di sekelilingnya. Diperkirakan ada lebih dari 10 juta kutu yang menghuni pulau Hoboro.

Pulau ini benar-benar terancam hilang jika tidak segera dilakukan upaya pembersihan. Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka akan berpindah ke pulau-pulau batu sekitarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement