Kamis 28 May 2015 16:56 WIB

Negara OKI Dukung Indonesia Atasi Pengungsi

Muslim Rohingya
Foto: ACT
Muslim Rohingya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia mendapat dukungan dari beberapa negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk mengatasi masalah imigran yang sedang terjadi di Asia Tenggara, terutama yang berhubungan dengan para pengungsi Rohingya dari Myanmar.

Menteri Luar Negeri Retno L P Marsudi dalam Pertemuan Menlu OKI ke-42 secara khusus menyampaikan situasi darurat kemanusiaan di kawasan Asia Tenggara terkait dengan pengungsi Rohingya dan Bangladesh.

Menurut keterangan pers Kemenlu, Kamis (28/5), pada kesempatan itu, Retno mendorong negara-negara OKI agar menunjukan kepemimpinannya dalam membantu mengatasi masalah kemanusiaan.

Retno menyampaikan langkah yang telah diambil oleh Indonesia dan Malaysia sebagai dua negara berpenduduk mayoritas Islam dalam mengatasi masalah kemanusiaan internasional tersebut.

Terkait hal itu, Pemerintah Indonesia mendapat apresiasi dan dukungan dari sejumlah negara OKI atas langkah yang telah diambil dalam menangani dan membantu para pengungsi Rohingya.

Selain itu, para Menlu negara-negara OKI juga menyatakan kesiapan membantu Indonesia dalam menghadapi masalah pengungsi tersebut. Secara khusus, Menlu Gambia menyampaikan kesiapan pemerintahnya untuk menerima relokasi pengungsi dengan dukungan masyarakat internasional.

Menlu Turki menyampaikan kesiapan pemerintahnya memberi bantuan keuangan dalam mengatasi masalah pengungsi Rohingya dan Bangladesh.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement