Jumat 29 May 2015 05:16 WIB

Lewat RI, Qatar Titipkan Rp 660 Miliar untuk Pengungsi Rohingya

Pengungsi Rohingya
Foto: Youtube
Pengungsi Rohingya

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani pada Kamis (28/5) memerintahkan untuk menyumbangkan 50 juta dolar AS untuk Indonesia. Uang tersebut diberikan sebagai bentuk bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk menutupi biaya penampungan pengungsi Rohingya.

Pengumuman itu datang usai pertemuan Emir dengan Menteri luar negeri Indonesia, Retno Marsudi yang menjelaskan bahwa Indonesia dan Malaysia tengah engatasi masalah pengungsi Rohingya dari Myanmar. 

"Pertemuan juga mengulas hubungan bilateral antara kedua negara dan membahas serangkaian isu kepentingan bersama," tulis laporan QNA, Kamis (28/5).

Lebih dari 3.500 migran telah mencapai darat atau diselamatkan di lepas pantai Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Sejumlah 'manusia perahu' menolak dikembalikan ke Myanmar lantaran intimidasi etnis yang begitu keras di Myanmar.

Pemerintah Myanmar melihat 1,3 juta yang Rohingya sebagai imigran ilegal dari negara tetangga Bangladesh. Myanmar, diketahui menolak memberikan kewarganegaraan kepada Rohingya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement