Ahad 31 May 2015 12:05 WIB

Fisikawan Ini Lelang Medali Nobel Seharga Rp 10 Miliar

Partikel Tuhan (Ilustrasi)
Foto: maulicohen.com
Partikel Tuhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELS -- Fisikawan peraih nobel Leon Ledermen menjual medali yang dimilikinya seharga 510 ribu Poundsterling atau sekitar atau sekitar Rp 10 miliar. Medali emas ilmuwan atas temuan 'Partikel Tuhan' ini dijual daam sebuah lelang di Los Angeles.

Dikutip dari laman The Independent, Leon Lederman (92 tahun) memenangkan penghargaan nobel pada tahun 1988 atas temuannya pada partikel sub atomik. Selanjutnya, partikel ini disebut 'neutrino muon'.

Ellen, istri kedua Lederman mengatakan suaminya telah menikmati medali tersebut selama bertahun-tahun. Saat ini, menurut dia sudah saatnya bagi orang lain untuk juga bisa berbagi cinta mengenai sains dan medali tersebut. Ia juga berharap penjualan medali ini bisa menimbulkan kesadaran bagi orang lain untuk mencintai Fisika.

Aksi jual medali ini bukan satu-satunya yang dilakukan Lederman. Pada tahun lalu penemu rantai double helix untuk struktur DNA yaitu James Watson menjual medali emas yang dimilikinya seharga 4,75 juta dollar AS atau sekitar Rp 59 miliar. Namun, seorang pembeli yang berasal dari Rusia mengembalikan medali tersebut kepada Dr Watson karena menganggapnya sebagai pemilik yang sah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement