Kamis 04 Jun 2015 18:31 WIB

Pengungsi Asal Bangladesh Belum Dipulangkan

Rep: C07/ Red: Winda Destiana Putri
UNHCR
Foto: worldrefugeedaykw.ca
UNHCR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Keamanan Internasional dan Pelucutan Senjata Andi Rachmianto mengungkapkan sampai saat ini pengungsi yang teridentifikasi dari Bangladesh masih berada di lokasi penampungan pengungsi di Aceh dan Sumatra Utara.

"Sejauh ini belum ada yang dipulangkan karena masih ada proses dokumen cukup membutuhkan waktu lama," kata Andi di Kementrian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (4/6).

Andi menuturkan pembuatan travel document belum selesai, karena dalam hal ini pemerintah Bangladeh juga harus melakukan verifikasi terhadap para pengungsi.

"Jadi proses verifikasi sendiri akan makan waktu. Proses memang akan dipercepat bagaimana pemerintah pusat Bangladesh," ucapnya.

Dari data UNHCR sebanyal 720 pengungsi berasal dari Bangladesh. Mereka akan segera dipulangkan ke negaranya dalam waktu dekat setelah proses verifikasi selesai.

"Sebagai migrant economy, kita bisa melakukan pemulangan. Proses sudah dimulai, tinggal menunggu kecepatan pemerintah Bangladesh menyelesaikan dokumen perjalanan mereka," tuntasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement