Kamis 02 Jul 2015 11:49 WIB

Ribuan Pasien Klinik Gigi di Sydney Terinfeksi HIV

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Dokter Gigi (ilustrasi)
Dokter Gigi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Pihak berwenang Sydney menyatakan, ribuan pasien gigi di Sydney kemungkinan terpapar HIV dan hepatitis. Ini karena prosedur sterilisasi dan kebersihan di sekitar empat pusat kesehatan gigi di wilayah tersebut tak memenuhi standar.

BBC News melaporkan pada Kamis (2/7), juru bicara kesehatan New South Wales (NSW) mengatakan sedikitnya 11 ribu pasien berisiko. Para pasien kini sedang dihubungi pihak berwenang.

Klinik Gentle Dental di Campsie dan klinik yang dikelola Dr Robert Starkenburg di Surry Hills serta Bondi Junction adalah di antara empat klinik yang bermasalah. Laporan media lokal bahkan mengatakan, Dr Starkenburg sempat diminta mundur oleh Dewan Dokter Gigi Australia pada 2 Desember tahun lalu. Sebab, tempat praktiknya yang tak memenuhi standar kebersihan.

Juru bicara kesehatan mengatakan, penularan sangat mungkin terjadi jika kebersihan tempat praktik tidak terjamin. Pasien dengan kondisi penyakit menular juga semestinya berkonsultasi dengan dokter mengenai penyakit mereka.

"Masalahnya adalah jika seorang pasien dengan virus yang bisa ditularkan dengan darah menghadiri salah satu tempat praktik ini dan instrumen sterilisasi alat mereka tak benar," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement