Kamis 02 Jul 2015 17:16 WIB

Robot Tewaskan Kontraktor di Pabrik Volkswagen Jerman

Rep: Gita Amanda/ Red: Karta Raharja Ucu
Tangan robot. Ilustrasi
Foto: ws.com.au
Tangan robot. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Sebuah robot telah membunuh seorang kontraktor di salah satu pabrik produksi Volkswagen di Jerman. Pihak berwenang masih menyelidiki lebih lanjut insiden ini.

Dilansir The Guardian Kamis (2/6), juru bicara Volkswagen Heiko Hillwig mengatakan kontraktor pria itu meninggal, Senin (29/6), di pabrik di Baunatal, sekitar 100 kilometer utara Frankfurt. Korban menurut Hillwig merupakan bagian dari tim yang sedang menyiapkan robot stasioner.

Dia mengatakan kesimpulan awal menunjukkan, kesalahan ada pada manusia bukan pada robot. Robot diprogram untuk melakukan berbagai tugas dalam proses perakitan. Hillwig mengatakan biasanya beroperasi dalam area terbatas di pabrik, seperti untuk meraih suku cadang mobil.

Hillwig menambahkan, kontraktor lain juga ada di tempat kejadian ketika insiden itu terjadi, tetapi tidak menjadi korban. Dia menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang kasus ini, mengutip penyelidikan yang sedang berlangsung.

Kantor berita Jerman DPA melaporkan bahwa jaksa sedang mempertimbangkan apakah akan mengajukan tuntutan atau tidak. Namun jika demikian mereka juga belum tahu tuntutan harua diajukan terhadap siapa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement