Ahad 05 Jul 2015 14:58 WIB

Anak Lima Tahun Tewas Terkena Ikan yang Melompat di Sungai Florida

Jaylon Rippy tewas setelah ikan yang melompat menghantamnya.
Foto: gofundme
Jaylon Rippy tewas setelah ikan yang melompat menghantamnya.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Ikan yang melompat menghantam dan menewaskan anak perempuan yang berusia lima tahun dan sedang naik perahu bersama keluarganya di satu sungai di Florida. Peristiwa serupa melukai dua orang dewasa di bagian lain negara bagian tersebut, kata beberapa pejabat marga satwa pada Sabtu (4/7).

Jaylon Rippy sedang naik perahu bersama keluarganya di Sungai Suwannee di bagian barat-laut Florida di dekat Fanning Springs pada Kamis malam (2/7), ketika ikan yang melompat tersebut melukai anak perempuan itu bersama kakaknya, yang berusia sembilan tahun, dan ibunya, kata Komisi Marga Satwa dan Perikanan Negara Bagian di dalam satu pernyataan.

Anggota keluarga tersebut, yang berasal dari Trenton--yang berdekatan--dibawa melalui udara ke satu rumah sakit di Gainesville tapi anak perempuan itu menghembuskan nafasnya. Kondisi ibu kakak dan ibu dari anak perempuan tersebut tidak jelas.

Pada Jumat, dua orang dewasa yang sedang bepergian naik perahu di Sungai Santa Fe antara Sungai Suwannee dan daerah tempat berkemah Brandford juga ditabrak oleh ikan yang melompat, kata beberapa pejabat Komisi Marga Satwa dan Perikanan di dalam satu pernyataan.

Tidak biasa bukan ikan sturgeon menyerang orang yang naik perahu di Florida dalam beberapa hari berturut-turut, kata wanita Juru Bicara Komisi Marga Satwa dan Perikanan Karen Parker. Namun para pejabat marga satwa memperingatkan warga agasr berhati-hati terhadap ancaman dari ikan yang tidak bergigi tersebut--yang bisa memiliki tubuh sampai 2,4 meter atau lebih dari berat sampai 68 kilogram.

Penelitian telah mendapati ikan sturgeon bisa melompat menyamai tekanan pada kantung renang mereka dan berkomunikasi dengan ikan lain. "Dengan rendahnya permukaan air di aliran sungai, sturgeon jadi lebih sering melompat dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya," kata Andy Krause, Komandan Regional Komisi Marga Satwa dan Perikanan untuk daerah Lake City, di dalam satu pernyataan.

Pada penghujung Mei, anak perempuan yang berusia 15 tahun ditabrak hingga pingsan oleh ikan yang melompat di Florida, kata Parker.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement