Selasa 07 Jul 2015 04:44 WIB

Ini Situs Baru UNESCO yang Harus Dilindungi

Rep: c 26/ Red: Indah Wulandari
Pulau Gunkajima
Foto: srstern,co
Pulau Gunkajima

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK -- Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menambah daftar situs warisan dunia yang layak mendapat perlindungan khusus. Seperti dilansir dari BBC, Selasa (7/7).

Berikut  beberapa tempat yang ditambahkan UNESCO sebagai situs warisan dunia bersejarah yang harus dilestarikan.

Speicherstadt

Komplek gudang terbesar di dunia ini berada di Hamburg, Jerman. Tempat ini merupakan gudang-gudang bersejarah yang terkenal karena jembatan berkanal dan tinggi serta dikelilingi bangunan bata merah.

Pulau Gunkanjima

Pulau yang terletak di Nagasaki ini mempunyai sejarah yang besar. Bangunan-bangunan yang ada merupakan saksi revolusi industri di abad ke-19 yang memperlihatkan kejayaan kala itu.

Kebun Anggur Champagne

Daerah ini terletak di wilayah timur Perancis. Kebun-kebun luas di tempat ini diketahui memproduksi minuman yang menyandang anggur terbaik yang mengangkat nama wilayahnya.

Necropolis

Necropolis berasal dari Beth She'arim, Israel. Bangunan tua ini telah digunakan sejak abad ke-2 sebelum Masehi sebagai tempat pemakaman Yahudi.

Benteng Diyarbakir dan Taman Hevsel

Situs yang terpilih menjadi warisan budaya ini mengembalikan kita pada nuansa zaman Romawi kuno yang memiliki peradaban tinggi. Kawasan ini terletak di wilayah timur Turki.

Kota Susa, Iran

Kota kuno Susa di Iran adalah salah satu situs arkeologi terbesar di dunia. Kota ini merupakan warisan sejarah peradaban dunia zaman dahulu.

Jembatan Forth, Skotlandia

 Jembatan Forth di Skotlandia merupakan warisan jembatan yang telah dibangun sejak lama. Pembangunannya selesai pada tahun 1890. Tempat wisata ini masih menjadi lintasan kereta selama di atas sungai.

Gunung Burkhan Khaldun

Gunung suci ini terletak di wilayah Mongolia. Dianggap suci karena dianggap sebagai kelahiran Jenghis Khan juga tempat disemayamkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement