Rabu 08 Jul 2015 07:00 WIB

Ini 10 Negara dengan Jumlah Siswa Berpendidikan Luar Negeri Terbanyak

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bilal Ramadhan
  Sebagian mahasiswa Indonesia di Australia dalam salah satu kegiatan PPIA.
Foto: abc news
Sebagian mahasiswa Indonesia di Australia dalam salah satu kegiatan PPIA.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Tidak ada yang bisa mengalahkan Cina jika kita berbicara tentang jumlah siswa yang bersekolah di luar negeri. Badan Pendidikan dan Kebudayaan Dunia (UNESCO) merilis, dua negara dengan jumlah populasi terbesar dunia, Cina dan India menyumbang siswa yang menempuh pendidikan luar negeri terbanyak.

Cina memimpin dengan angka nyaris 700 ribu siswa Cina yang bersekolah di luar negeri, di seluruh dunia. Posisi kedua ditempati India dengan jumlah 189.500 dan Korea Selatan di posisi ketiga dengan 123.700 siswa yang bersekolah di luar negeri.

Jerman dan Arab Saudi melengkapi posisi 5 besar dengan angka 117.600 dan 62.500 secara berturut-turut. AS menduduki posisi ketujuh dengan jumlah 58 ribu siswa. Menariknya, negara tetangga kita, Malaysia, menempati posisi kedelapan di bawah AS dengan 55.600 siswa yang menempuh pendidikan di laur negeri.

UNESCO juga menyebut ada beberapa negara berpopulasi kecil yang justru memiliki lebih banyak siswa yang bersekolah di luar negeri ketimbang bersekolah di dalam negaranya. Beberapa negara tersebut adalah Andorra, Anguilla, Bemuda, Liechstensein, Luxembourg, Montserrat, dan beberapa negara lainnya. Dalam rilis yang dikutip Forbes ini, sayangnya tidak disebutkan di mana posisi Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement