Rabu 29 Jul 2015 19:04 WIB

Orang Terkaya Polandia Meninggal di Usia 65 Tahun

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Indira Rezkisari
Jan Kulczyk
Foto: Reuters
Jan Kulczyk

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Orang terkaya Polandia dan pendiri sekaligus presiden kerajaan investasi Kulczyk Holding meninggal dunia. Jan Kulczyk meninggal dalam usia 65 tahun setelah menjalankan operasi, Rabu (29/7).

TVN24 mengatakan ia meninggal di Wina. Mantan Presiden Polandia Lech Walesa mengatakan, Kulczyk tidak tergantikan.

"Ini akan sulit untuk mengatur beberapa hal tanpa dia," ujar Walesa.

Ia mengatakan, Kulczyk sebelumnya mengalami serangan jantung dan tidak dalam kondisi kesehatan yang baik. Namun ia tetap berkarya dan menyelesakan semua masalah.

Selama bertahun-tahun, Kulczyk yang juga seorang pengacara dan manajer memimpin daftar orang terkaya Polandia. Ia juga terkenal karena keberaniannya dan imajinasi dalam keputusan bisnis.

Ia berinvestasi di sektor energi dan sumber daya alam di Eropa dan Afrika. Ia juga mengembangkan sektor mobil dan infrastruktur di Polandia.

Selain sebagai pebisnis, Kulczyk dikenal murah hati dengan budaya dan sejarah. Ia mendonasikan sekitar 5,3 juta dolar AS untuk membantu menyelesaikan pekerjaan di Museum Sejarah Yanudi Polandia di Warsawa. Ia juga mensponsori hibah bagi orang-orang muda berbakat.

Majalah Forbes edisi Polandia memperkirakan kekayaannya sekitar 4 miliar dolar AS. Ia bercerai dengan istrinya dan meninggalkan seorang putra dan putri, seperti dikutip AP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement