Kamis 30 Jul 2015 08:03 WIB

Penyelam Temukan Harta Karun Terpendam 300 Tahun Lalu

Rep: C26/ Red: Ilham
Harta karun.
Foto: Reuters
Harta karun.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Sebuah keluarga penyelam tercengang ketika mereka menemukan harta karun 600 ribu euro di dasar bangkai kapal. Kapal tersebut sudah tenggelam hampir 300-tahun lalu.

Keluarga Smith asal Florida menemukan 51 koin emas, rantai emas berukir sepanjang 40 kaki dan satu koin, disebut Royal yang diduga dibuat untuk Raja Phillip V dari Spanyol.

Diperkirakan, harta tersebut merupakan hasil penjarahan dengan total satu juta dolar. Koin Kerajaan sendiri diperkirakan bernilai sekitar 500 ribu dolar. Penemuan ini menjadi luar biasa karena ditemukan saat menyelam di air hanya dengan kedalaman 15 kaki.

Dilansir dari Mirror, Kamis (30/7), diketahui harta karun tersebut berasal dari kapal Queen Jewels LLC, yakni sebuah kapal yang tenggelam pada tanggal 30 Juli 1715 karena badai. Tenggelamnya kapan tersebut menewaskan seluruh awak.

Kapal itu dikatakan tengah dalam perjalanan dari Havana, Kuba ke Spanyol. Kapal itu merupakan salah satu terbesar dari 11 kapal yang tenggelam dalam cuaca buruk. "Harta karun itu benar-benar ditemukan sebulan yang lalu," Kata juru bicara Armada 1715 - Queens Jewels LLC, Brent Brisben

Keluarga penyelam yang menemui dikabarkan sulit ditemui untuk dimintai keterangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement