Kamis 30 Jul 2015 10:13 WIB

India Eksekusi Mati Pelaku Bom Mumbai

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Bendera India (Ilustrasi).
Foto: IST
Bendera India (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- India mengeksekusi mati tersangka pendonor dana tragedi pemboman Mumbai tahun 1993, Yakub Memon, Kamis (30/7). Memon dieksekusi dengan cara digantung di penjara Nagpur.

Dikutip dari BBC, Memon digantung beberapa jam setelah pengadilan tinggi menolak permohonan terakhir untuk menunda eksekusi. Pengacaranya berpendapat eksekusi seharusnya dilakukan tujuh hari setelah penolakan petisi pengampunan.

Pengadilan mengatakan petisi pertama Mamon telah ditolak sejak tahun lalu. Sehingga eksekusinya kali ini telah memenuhi syarat. Pengamanan di sekitar penjara diperketat pada Kamis pagi.

Memon adalah seorang akuntan. Ia divonis hukuman mati pada 2007 oleh pengadilan khusus di Mumbai setelah dinyatakan bersalah karena memberi bantuan logistik dan finansial pada pemboman.

Kasusnya membagi opini warga India. Banyak orang mempertanyakan mengapa ia harus dijatuhi hukuman mati. Saudara Memon, Tiger Memon dipercaya sebagai dalang utama dibalik serangan bersama dengan seorang bos geng Dawood Ibrahim.

Keduanya saat ini masih bersembunyi. Banyak pendapat menyebar bahwa Yakub dihukum atas kesalahan saudaranya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement