Jumat 31 Jul 2015 12:00 WIB

Arkeolog Remaja Temukan Fosil Gigi Berusia 550 Ribu Tahun

Rep: c26/ Red: Ani Nursalikah
Arkeolog remaja Prancis menemukan fosil gigi berusia 550 ribu tahun.
Foto: mirror
Arkeolog remaja Prancis menemukan fosil gigi berusia 550 ribu tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, PYRENEES -- Dua arkeolog muda berhasil menemukan sebuah gigi manusia purba yang diklaim berusia 550 ribu tahun. Penemuan ini merupakan salah satu dari fragmen manusia tertua yang pernah ditemukan di Prancis.

Seperti dilansir dari Mirror, Jumat (31/7), gigi manusia dewasa ditemukan pekan lalu oleh sepasang arkeolog relawan Prancis, Camille dan Valentin. Mereka menggali di sebuah gua kawasan Tautavel, Pyrenees, Prancis timur. Para ahli berharap penemuannya bisa memberikan informasi penting tentang pemukiman awal Eropa.

Manusia tertua tetap yang pernah ditemukan di Eropa adalah tulang rahang yang digali di Jerman pada 1907. Rahang tersebut diperkirakan berusia 600 ribu tahun.

Penemuan terbaru di Prancis mengalahkan bagian tubuh tertua yang sebelumnya ditemukan di negara itu. Sebelumnya Prancis berhasil menemukan fosil manusia purba yang berusia 100 ribu tahun lebih muda.

Tempat ditemukan fosil ini diakui sebagai rumah kelompok Homo Erectus. Ahli paleoantropologi Amélie Viallet dari Paris mengatakan temuan itu berupa sebuah gigi dewasa yang cukup besar. Namun, belum dipastikan jenis kelamin gigi yang ditemukan karena sulit menentukan.

"Ini adalah penemuan besar karena kita memiliki sangat sedikit fosil manusia dari periode ini di Eropa," katanya.

Para ahli berharap penemuan gigi akan meningkatkan pengungkapan benda-benda bersejarah yang lebih penting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement