Sabtu 29 Aug 2015 17:21 WIB
Malaysia Bergolak

Demonstran Malaysia Terus Menyemut

Rep: Gita Amanda/ Red: Didi Purwadi
Demontrans dari kelompok prodemokrasi 'Bersih' menggelar aksi unjuk rasa di Dataran Mederka, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (29/8).
Foto: Reuters/Edgar Su
Demontrans dari kelompok prodemokrasi 'Bersih' menggelar aksi unjuk rasa di Dataran Mederka, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (29/8).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Jumlah demonstran di berbagai lokasi di sekitar pusat kota membengkak, kurang dari satu jam sebelum aksi demo 'Bersih 4' dimulai.

Seperti dilansir The Nation, Sabtu (29/8), ratusan orang telah memenuhi jalan-jalan di sepanjang Jalan Pudu dan Jalan Tun Abdul Rahman (TAR) meneriakkan kata-kata "Bersih, Bersih". Mereka juga melambaikan bendera dan meniupkan terompet.

Jumlah yang sama dari demonstran juga telah tumpah keluar ke trotoar sekitar Sogo, Pasar Seni dan Jalan Petaling. Bendera besar dengan logo Bersih dibawa peserta di sepanjang jalan-jalan.

Di Dataran Maybank dekat Pudu Raya, kerumumnan orang juga membengkak menjadi ratusan pada Sabtu siang. Mereka membunyikan kelakson dari mobil yang mereka kemudikan di tengah hari panas.

Di Sogo, polisi lalu lintas sedang memantau jalan dan meskipun sejumlah besar demostran turun ke jalan situasi tetap terkendali.

Sebuah konvoi yang menamakan diri mereka Bersih 4 dengan motor juga terlihat di Jalan TAR. Sementara banyak toko-toko di sepanjang jalan raya Jalan TAR ditutup. Sejumlah pedagang kecil memanfaatkan aksi demo dengan berjualan kebutuhan para pendemo.

Beberapa pendukung 'Bersih 4' langsung menuju ke masjid untuk melakukan shalat Zuhur pada pukul 01.30. Diperkirakan demonstran akan membengkak setelah shalat.

Mereka akan bergabung dengan politisi dan pemimpin LSM, menuju Dataran Merdeka. Aksi resmi akan dimulai pukul 02.00 di sejumlah lokasi di seluruh kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement