Senin 31 Aug 2015 03:53 WIB

Bakal Di-PHK, Wartawan di Skotlandia Demo

Rep: C35/ Red: Citra Listya Rini
Pemutusan Hubungan Kerja alias PHK (ilustrasi)
Foto: cbc.ca
Pemutusan Hubungan Kerja alias PHK (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW  – Wartawan Herald, Evening Times dan Sunday Herald, sepakat akan melakukan unjuk rasa, setelah kantor mereka mengumumkan akan melakukan PHK bagi karyawannya hingga 20 pekerjaan editorial dalam kantor mereka.

Sementara kelompok penerbit surat kabar Newsquest mengumumkan pada Senin (24/8) bahwa sebanyak 20 persen pekerjaan akan dihilangkan. Hal ini ternyata merupakan PHK putaran ketiga untuk media publikasi yang berbasis di Glasgow selama satu tahun ini.

Selain itu pimpinan juga akan menerapkan PHK sebanyak 20 persen untuk koran lokal Romanes Group yang baru saja dibelinya pada bulan Mei lalu. 

Sementara itu pengurus Serikat Wartawan Nasional (NUJ), Paul Holleran mengatakan ini merupakan sebuah redundansi yang membosankan, yang tidak bisa dilanjutkan. Dia telah mengatakan kepada Newsquest untuk tidak melakukan PHK tanpa meletakkan struktur alternatif yang kuat dalam media tersebut.

“Mereka akan kembali datang kepada kami pada akhir tahun ini untuk melakukan restrukturisasi mendasar dalam bidang editorial. Sebenarnya mereka hanya harus mencari pelanggan yang tertarik dan menjual judul jika rencana mereka adalah untuk menyusutkan bisnis mereka,” katanya menurut STV, Senin (31/8).

Berdasarkan laporan statistik, The Evening Times turun sekitar 10,3 persen dari tahun ke tahun, dengan jumlah sebanyak 29.951 pembaca. Sementara itu the Herald juga tercatat mengalami penurunan sebesar 8,9 persen pada tahun lalu, yaitu 34.379 pembaca. 

Namun berbeda dengan the Sunday Herald yang justru naik sekitar 15,5 persen. Sehingga koran mingguan inilah yang merupakan andalan satu-satunya yang digunakan untuk meningkatkan sirkulasi. Sirkulasi terbaru hingga saat ini dalam rangka peningkatan penjualan didukung oleh perayaan kemerdekaan Skotlandia pada September lalu. 

Kemudian Newsquest juga mengirimkan surat kepada NUJ yang intinya mengabarkan bahwa pendapatan surat kabar menurun sehingga mereka akan melakukan pemotongan biaya dan meningkatkan efisiensi.

Atas kondisi tersebut wartawan dari ketiga media tersebut telah sepakat untuk melakukan demonstrasi dengan aksi mogok kerja. Kemudian pertemuan selanjutnya direncakan akan dilakukan pada pekan ini di seluruh Skotlandia dengan anggota NUJ yang berbasis di Ardrossan, Clydebank dan Dunfermline serta harian Greenock Telegraph.

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement