Senin 31 Aug 2015 18:48 WIB

Austria Tangkap Lima Penyelundup Manusia

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Human trafficking (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Human trafficking (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Pihak berwenang Austria telah menangkap lima tersangka yang diduga terkait penyelundupan manusia. Penangkapan dilakukan sebagai bagian dari operasi, pascapenemuan 71 mayat migran di sebuah truk pada Kamis (27/8), lalu.

"Kami melihat bahwa geng penyelundup bertindak dengan cara-cara yang lebih brutal dan kejam dan kami harus melawan mereka dengan langkah-langkah yang lebih kuat dan lebih keras," kata Menteri Dalam Negeri, Johanna Mikl-Leitner seperti dilansir BBC News, Senin (31/8).

Para petugas keamanan menggeledah kendaraan di perbatasan Nickelsdorf. Akibatnya, kemacetan terjadi di jalan-jalan utama Hungaria yang mengarah ke perbatasan Austria. Antrian sepanjang 30 kilometer dilaporkan terjadi di jalan utama M1 dari Budapest.

Lima orang telah ditahan sehubungan dengan kematian 71 orang yang ditemukan pekan lalu di A4 di Parndorf.

"Kami akan melakukan kontrol untuk sampai waktu yang belum ditentukan di semua penyeberangan perbatasan penting di wilayah timur, memeriksa semua kendaraan yang mungkin bisa digunakan bersembunyi bagi orang yang diperdagangkan," kata Ms Mikl-Leitner.

Kontrol telah disepakati dengan Austria dan negara tetangga Jerman, Hungaria, dan Slovakia.

Seorang juru bicara polisi di negara bagian paling timur Austria, Burgenland mengatakan bahwa mereka memiliki 54 petugas yang berjaga sepanjang waktu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement