Selasa 01 Sep 2015 03:00 WIB

Fans Bola Jerman Ajak Pengungsi Suriah Nonton Pertandingan

Rep: c 37/ Red: Indah Wulandari
Fans Borussia Dortmund dan para pengungsi Suriah
Foto: unilad.co.uk
Fans Borussia Dortmund dan para pengungsi Suriah

REPUBLIKA.CO.ID,DORTMUND -- Sebagai bentuk solidaritas kepada imigran Suriah yang tengah berputus asa, penggemar sepak bola Jerman mengundang ratusan dari mereka untuk menonton pertandingan.

"Menakjubkan, adegan inspiratif di lapangan sepak bola Jerman akhir pekan ini. Selamat datang pengungsi, "tulis blogger Paul Kirby menulis akun Twitter-nya yang dilansir dari onislam.net, Selasa (1/9).

Blogger tersebut berbicara tentang program inisiatif "Angekommen Dortmund" yang berarti "Tiba di Dortmund". Program ini bertujuan untuk membantu para pengungsi menetap di kota Dortmund, Jerman.

Selama pertandingan akhir pekan lalu, penggemar sepak bola menampilkan spanduk besar bertuliskan pesan "Selamat datang pengungsi".

Sehari sebelumnya, raksasa Jerman Borussia Dortmund mengundang 220 pengungsi untuk pertandingan Liga Europa melawan klub Norwegia Odds Ballklubb.

Spanduk tersebut sebagai bagian dari upaya penyambutan terkoordinasi warga yang bertujuan untuk memerangi kelompok anti-imigrasi.

Beberapa hari sebelumnya, ribuan orang Jerman turun ke jalan-jalan kota Jerman Dresden, mereka dianggap kubu untuk kelompok anti-imigrasi, untuk mengirim pesan keras melawan xenophobia atau ketakutan antarras dan agama.

Sejak Oktober lalu, misalnya, kelompok patriotik Eropa, Pegida berpawai mingguan melawan Muslim dan imigran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement