Kamis 03 Sep 2015 13:50 WIB

Penasaran? Ini Jumlah Pohon di Dunia

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Orangutan di kawasan Hutan Seruyan, Taman Nasional Tanjung Puting, Kalteng.
Foto: ANTARA/Saptono/Spt/11
Orangutan di kawasan Hutan Seruyan, Taman Nasional Tanjung Puting, Kalteng.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah penelitian baru memaparkan jumlah pohon yang ada di bumi. Menurut peneliti dari Yale University, pohon yang saat ini masih berdiri di bumi adalah sebanyak tiga triliun.

Sebelumnya, peneliti hanya memperkirakan jumlah pohon 400 milyar. Peneliti Thomas Crowther dan kolega  melakukan penghitungan menggunakan metode kombinasi data massa survei lahan dan citra satelit.

Seperti dituangkan dalam jurnal Nature, dengan jumlah baru itu menunjukan satu manusia berbanding 420 pohon. Namun jumlah tersebut tidak merata mengingat padatnya populasi manusia di beberapa tempat di bumi.

Menurut Crowther, studi tersebut dilakukan karena pohon memiliki peran yang sangat penting untuk menyerap gas rumah kaca karbondioksida dari atmosfer. Penelitian ini juga akan menjadi dasar baru untuk penelitian lebih luas.

Kepada BBC, Crowther mengatakan, penelitian ini menggambarkan sistem hutan global berdasar jumlah sehingga orang-orang dapat mengerti dan peneliti dapat menggunakannya. "Praktisi lingkungan atau pembuat kebijakan dapat mengerti dan menggunakan," kata dia.

Tim mengoleksi informasi densitas atau kerapatan pohon dari sekitar 400 ribu hutan di seluruh dunia.

Sumber: BBC

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement