Kamis 03 Sep 2015 19:53 WIB

Singgung Nazi, PM Australia Buat Marah Pemimpin Yahudi

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Tonny Abbott
Foto: abc news
Tonny Abbott

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Perdana Menteri Australia Tony Abbott membuat marah beberapa pemimpin Yahudi, Kamis (3/9). Abbott melalui pernyataanya membandingkan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dengan Nazi.

Dalam sebuah wawancara dengan Radio Sydney, Abbott mengatakan Nazi masih memiliki rasa malu akan kekejaman yang mereka lakukan.

"Nazi melakukan apa yang jahat mengerikan, tetapi mereka memiliki rasa malu untuk mencoba menyembunyikannya. Orang-orang ini (ISIS) membual tentang kejahatan mereka, ini adalah hal yang luar biasa," kata Abbott merujuk pada ISIS.

Presiden Eksekutif Dewan Yahudi Australia Robert Goot mengatakan, ada perbedaan mendasar antara tindakan terorganisir terorisme dan genosida yang sistematis. Ia mengatakan menyatakan ISIS lebih buruk dari Nazi adalah pernyatan yang gegabah dan disayangkan.

Menurutnya, mereka yang bertanggung jawab atas genosida yang disponsori negara dan dioperasikan secara rahasia tak memiliki rasa malu. Abbott mengatakan, ia sedang tak membuat peringkat kejahatan. Abbott pun tetap bersikukuh dengan komentarnya.

Ini ketiga kalinya dalam satu tahun, Abbott membuat gusar Yahudi Australia dengan analogi Nazinya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement