Jumat 04 Sep 2015 19:53 WIB

California akan Bangun Jembatan Penyeberangan Khusus Hewan

Singa
Foto: .
Singa

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pejabat mengungkapkan rencana pembangunan jembatan berumput di atas jalan bebas hambatan California Selatan. Jalur ini dapat menyediakan jalur aman dan alami bagi singa gunung dan binatang lain untuk berpindah di alam bebas sekitarnya.

Jembatan sarat tetumbuhan itu akan melintang di atas jalan bebas hambatan 101 di Agoura Hills, tepat di sebelah barat Los Angeles. Juru bicara Kementerian Perhubungan Lauren Wonder mengatakan pembangunan diperkirakan menelan dana 30 juta dolar AS untuk membangunnya dan tidak dapat dimulai dalam beberapa tahun.

Dinas Pelestarian dan Wisata Gunung, badan pemerintah, membiayai laporan mengenai usul pembuatan jembatan itu, yang diserahkan pada Rabu, dan menilai rencana itu dapat dikerjakan.

Proyek tersebut memberikan pendekatan baru, yang akan membuat jalan bebas hambatan 101 kurang berbahaya bagi singa gunung, serigala abu-abu, rusa bagal dan satwa lain. Dulu hewan-hewan tersebut berpindah-pindah dengan mudah antara pegunungan di Santa Monica dan Simi Hills, sebelum pembangunan jalan bebas hambatan 101 memotong jalur mereka.

Seekor singa gunung berhasil diikuti oleh ahli biologi yang memasang penanda satwa itu sebagai P-32 diketahui pernah menyebrang jalan bebas hambatan di wilayah Virginia pada April lalu.

Kejadian itu merupakan kejadian langka, namun bulan lalu P-32 mati tertabrak mobil ketika menyebrang di persimpangan California. Singa-singa gunung di Santa Monica menjadi sulit berkembangbiak karena habitat mereka yang semakin sempit.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement