Sabtu 05 Sep 2015 13:39 WIB

Manusia Terpendek di Dunia Meninggal

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Dwi Murdaningsih
Chandra Bahadur Dangi, manusia terpendek di dunia yang tercatat dalam Guiness Book Record.
Foto: ABC
Chandra Bahadur Dangi, manusia terpendek di dunia yang tercatat dalam Guiness Book Record.

REPUBLIKA.CO.ID, KATHMANDU -- Manusia terpendek di dunia yang tercatat dalam Guinnes World Records meninggal di usia ke 75 tahun, Sabtu (4/9). Dilansir dari Times, Chandra Bahadur Dangi meninggal dunia karena menderita pneumonia setelah masuk rumah sakit American Samoa pekan lalu.

Dalam pernyataan, GWR menyatakan bela sungkawa sedalam-dalamnya untuk pria setinggi 54,23 cm tersebut. "GWR menyatakan bela sungkawa tulus dan dalam untuk keluarga Tuan Dangi dalam masa sulit ini," kata GWR.

Menurut mereka, Dangi akan selalu diingat selamanya sebagai tokoh ikonik dan luar biasa yang pernah tercatat. Dangi dinyatakan sebagai pria terpendek di dunia pada 2012. Pria terpendek sebelumnya adalah Gul Mohammed dari India.

Dua tahun lalu, Dangi terbang ke London untuk bertemu dengan pria tertinggi di dunia, yaitu Sultan Kosen dari Turki yang memiliki tinggi 248,84 cm. Pada kesempatan tersebut, Kosen mengatakan bahwa meski terpaut tinggi yang jauh, namun mereka memiliki kesamaan.

"Kami memiliki perjuangan yang sama, saya melihat mata Chandra dan saya melihat ia adalah pria yang baik," kata Kosen, pada Telegraph. Dangi juga mengaku sangat bahagia bisa menjadi pemegang rekor Guinness World.

"Ini membuat saya sangat bangga membawa Nepal ke seluruh penjuru dunia," kata Dangi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement