Senin 05 Oct 2015 15:04 WIB

AS akan Buat Dua Cagar Alam Pertama Sejak 15 Tahun Terakhir

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Gedung Putih
Foto: EPA/Michael Reynolds
Gedung Putih

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gedung Putih mengumumkan rencana pemerintahan Presiden Barack Obama membuat cagar alam kelautan di dua wilayah yaitu Maryland dan Wisconsin, Ahad (4/10). Rencana itu termasuk upaya melawan penangkapan ikan ilegal.

Cagar alam pertama direncanakan berada di perairan Mallows Bay-Potomac River, Maryland seluas 36 km persegi. Sementara cagar alam kedua berada di wilayah Danau Michigan Wisconsin seluas 2,265 km persegi. Ini akan menjadi cagar alam perairan baru pertama sejak 2.000 atau 15 tahun lalu.

Proposal terkait pembangunan cagar alam itu akan dibuka  publik mulai 15 Januari 2016. Dengan begitu, publik diharapkan bisa memberi masukan.  "Saya akan mencari lebih banyak kesempatan untuk melindungi perairan kita dalam beberapa bulan ke depan," kata Gedung Putih mengutip pernyataan Obama.

Pemerintah juga akan mengumumkan langkah-langkah dan komitmen AS dalam konferensi internasional 'Our Ocean' di Chile. Selain itu, pemerintah juga meluncurkan inisiatif berjudul Sea Scout untuk membantu melawan penangkapan ikan ilegal.

National Oceanic and Atmospheric Administration akan mengumumkan langkah-langkah serta menyediakan data dan bantuan teknis untuk menghentikan penangkapan ikan ilegal, termasuk sensor pemantauan ruang. Sistem ini akan mulai diimplementasikan tahun depan di Indonesia, Filipina dan tiga negara lainnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement