Kamis 08 Oct 2015 19:47 WIB

Wajah Batman Hingga Che Guevara Berubah Jadi Vladimir Putin

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Esthi Maharani
putin universe
Foto: the mirror
putin universe

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Ulang tahun ke-63 Presiden Rusia, Vladimir Putin ditandai dengan sebuah pameran. Putin menyebutnya sebagai Putin Universe.

Yang menarik dari pameran ini adalah wajah Putin menggantikan sejumlah tokoh terkenal dunia baik yang nyata ataupun fiksi. Sebut saja Batman, Hulk, Mahatma Gandhi, Muhammad Ali, hingga Che Guevara.

Seperti diberitakan Mirror, Kamis (8/10), dalam setiap gambar, wajah Putin dituang ke dalam lukisan ikon atau foto-foto 'orang hebat' termasuk para pemimpin dunia dan superhero. Pameran diadakan di Moskow dan London.

Di London, pameran diselenggarakan di Hoxton Arches di Jalan Cremer. Tujuannya, adalah untuk memperlihatkan Putin dalam hal positif yang jarang dilihat orang Barat.

Salah satu seniman, Lee West mengatakan ia meluncurkan Putin Universe setelah menghabiskan satu tahun di Rusia. Ia melihat seniman dari seluruh dunia menghadirkan Putin sebagai seseorang dengan hubungan ke berbagai negara, budaya, bangsa dan usia.

"Orang-orang tampaknya sangat tertarik pada apa yang kita lakukan," ujarnya.

Ia mengatakan, sebuah pameran serupa diadakan di Rusia tahun lalu dan BBC mengklaim bahwa sesuatu seperti itu tidak akan pernah bisa dilakukan di London.

"Nah, di sana Anda pergi!" tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement