Kamis 08 Oct 2015 21:13 WIB

Pentagon Khawatir Senjata Nuklir Korut Bisa Capai AS

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un di gunung tertinggi di negaranya.
Foto: KCNA
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un di gunung tertinggi di negaranya.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Para pejabat Amerika Serikat di Washington berpendapat senjata nuklir Korea Utara bisa mencapai daratan Amerika Serikat. Namun Pentagon dianggap cukup siap menghadapi ancaman tersebut.

"Aku cukup yakin kita akan menghancurkan rudal yang akan ditembak," kata Komando Utara AS dan Komando Pertahanan Aerospace Amerika Utara, Bill Gortney dilansir dari Time.com.

Ia mengatakan, serangan tersebut sangatlah potensial. Hal itu disampaikan Gortney di sebuah acara yang diselenggarakan Dewan Atlantik soal melindungi tanah air. Korut telah lama mengejek Barat dengan sarana nuklir yang dimilikinya.

Setiap beberapa tahun, Korut mengumumkan telah melakukan uji coba nuklir yang sukses. Negara itu bangga dan tidak ingin mengakhiri program nuklirnya dengan imbalan bantuan ekonomi atau konsesi diplomatik.

Pentagon berusaha untuk memperbarui sistem pertahanan rudal meskipun ancaman yang akan datang adalah pemotongan anggaran kongres. "Kami siap untuk (Kim) dan kami siap 24 jam sehari jika ia harus cukup bodoh untuk menembakkan sesuatu kepada kami," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement