Sabtu 10 Oct 2015 01:37 WIB

Ancam Posisi PM Najib, Seorang Pengacara Ditahan

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Najib Razak
Foto: telegraph.co.uk
Najib Razak

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Seorang pengacara politisi lokal ditangkap dan ditahan oleh polisi Malaysia. Keduanya menyerukan penegak hukum Amerika Serikat untuk menyelidiki skandal keuangan yang menggoyang posisi Perdana Menteri Najib Razak.

Melalui postingan blog pribadi pengacara tersebut, Matthias Chang mengaku ditangkap pada Kamis (8/10) karena mengunjungi kliennya, Khairuddin Abu Hassan. Ia juga melakukan mogok makan  sebagai protes atas penahanannya tersebut.

"Ini adalah intimidasi kasar terhadap Malaysia yang berjuang untuk keadilan dan kebenaran," katanya.

Seorang juru bicara polisi mengonfirmasi penangkapan Chang namun enggan mengatakan tuduhan yang dijatuhi kepadanya.

Seperti diketahui, Chang adalah rekan dari mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad yang memimpin kampanye Najib untuk mundur dari jabatannya. Ia juga pernah menjadi mantan sekretaris politik Mahathir.

Sementara Khairuddin merupakan mantan anggota partai berkuasa Malaysia yang ditangkap pada bulan lalu. Pada Februari, Organisasi Nasional Melayu Bersatu Najib menggulingkan Khairuddin dari partai setelah ia dinyatakan bangkrut.

Khairuddin kemudian melakukan perjalanan ke beberapa negara untuk berkampanye melawan Najib dan 1Malaysia Development Berhad (1MDB) sebelum penahanannya.

Khairuddin ditahan pada 18 September di bandara Malaysia, beberapa jam sebelum menaiki pesawat dengan tujuan Amerika Serikat. Ia ditangkap atas tuduhan melakukan kegiatan merugikan demokrasi parlementer.

Khairuddin telah merencanakan untuk membujuk polisi AS menyelidiki skandal 1MDB yang dikabarkan turut melibatkan bank-bank AS.

Skandal ini muncul pada Juli lalu ketika laporan Wall Street Journal yang mengatakan investigator menemukan hampir 700 juta dolar AS uang 1MDB ditransfer ke rekening bank pribadi Najib. Najib yang memimpin dewan penasehat 1MDB membantah mengambil uang untuk kepentingan pribadinya.

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement