Selasa 13 Oct 2015 11:50 WIB

Labu Putih Besar di California Coba Cetak Rekor Dunia

Rep: Puti Almas/ Red: Ilham
Logo Republika Online (ROL).
Foto: Republika Online (ROL)
Logo Republika Online (ROL).

REPUBLIKA.CO.ID, HALF MOON BAY -- Sebuah labu putih yang begitu besar akan diperlihatkan pada banyak orang dalam kontes tahunan di arena San fransisco Bay. Dengan berat 1969 pon, para petani di wilayah setempat mencoba memecahkan rekor dunia.

Sebelumnya, labu raksasa juga ditumbuhkan oleh masyarakat Swiss dengan berat 2.323 pon. Tepatnya saat kompetisi tumbuhan di Jerman tahun lalu.

Meski kalah dalam ukuran berat, namun labu putih yang ditumbuhkan oleh Steve Daletas ini mencetak prestasi besar dengan dapat mengikuti kejuaraan dunia di Half Moon Bay, San Fransisco.

Petani yang tepatnya berasal dari Pleasant Hill, Oregon, California itu pun menjadi juara pertama dalam kontes tersebut. Steve pun mendapatkan uang sebesar 12 ribu dolar AS.

"Ini adalah tahun yang baik, saya tidak pernah berhasil menumbuhkan labu sebesar dan seberat hingga 1900-an pon sebelumnya," ujar Steve yang ditemui usai kontes, kepada AP, Selasa (13/10).

Sementara, juara ke-2 diraih oleh Ron dan Karen Root. Dua kontestan dari Citrus Heights, California itu berhasil menumbuhkan labu seberat 1.806 pon. Namun, labu ini dinilai begitu indah berdasarkan bentuk dan warna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement