Rabu 25 Nov 2015 03:30 WIB

Obama Salahkan Rusia atas Jatuhnya Jet Tempur Rusia

Rep: c09/ Red: Nidia Zuraya
Jet tempur Rusia yang melakukan serangan udara di Suriah.
Foto: reuters
Jet tempur Rusia yang melakukan serangan udara di Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, menyalahkan Rusia atas insiden penembakan jet tempur Rusia oleh pasukan keamanan Turki. Menurut Obama, insiden tersebut tidak akan terjadi jika Rusia menjadikan ISIS sebagai target utama, bukan Bashar Assad, yang membuat jet tempur mereka nyaris memasuki perbatasan Turki.

Presiden Obama yang baru saja mengadakan pertemuan dengan Presiden Prancis, Francois Hollande, di Washington, mengatakan pihak berwenang sedang mencari penyebab terjadinya insiden tersebut. Disamping itu, ia dan Presiden Hollande mendesak Rusia dan Turki untuk saling berbicara satu sama lain.

"Saya berpikir, ini berkaitan dengan operasi yang dilakukan oleh Rusia, sehingga jet tempur mereka berada sangat dekat dengan perbatasan Turki," ujar Obama, seperti dilansir Fox News, Selasa (24/11).

Ia menegaskan, jika serangan Rusia diarahkan langsung ke ISIS, maka konflik dengan Turki tidak akan terjadi. Menurut dia, Turki memiliki hak mempertahankan wilayahnya.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, sebelumnya mengatakan keputusan Turki menembak jet tempur Rusia sama dengan "menusuk dari belakang." Kejadian itu akan berdampak buruk bagi hubungan kedua negara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement