Rabu 25 Nov 2015 06:30 WIB

New York Ciptakan Aplikasi Antiterorisme

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Bilal Ramadhan
Terorisme dan AS/ilustrasi
Foto: menwithfoilhats.com
Terorisme dan AS/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Gubernur New York, Andrew Cuomo mengumumkan peluncuran aplikasi 'See Something, Send Something' untuk pengguna Android dan iPhone. Aplikasi ini disebut-sebut sebagai salah satu kampanye memerangi terorisme.

New York telah meningkatkan kesiapan setelah setelah serangan di Paris. “Kami terus tetap waspada terhadap orang-orang yang berusaha menyebarkan ketakutan dan kekerasan,” kata Cuomo dalam siaran persnya seperti dikutip dari RT Question More, Selasa (24/11).

Serangan tersebut sangat menyakitkan dan membuat banyak orang kehilangan nyawa. “Serangan teroris di seluruh dunia telah menyebabkan orang-orang dari negara ini, keluarga New York berdiri lebih kuat dari sebelumnya,” ujarnya.

Kini, New York memiliki aplikasi yang dapat mengirim foto atau pesan dari kegiatan mencurigakan ke Pusat Inteligen New York. Mereka  akan meninjau laporan tersebut. Jika itu adalah ancaman besar, maka aparat akan memanggilpihak bersangkutan dan menegakkan hukum tambahan.

Aplikasi ini tidak menggantikan sistem 911, melainkan cara lain agar orang dapat membantu mencegah serangan mematikan. “Aplikasi ini bekerja seperti hotline untuk pencegahan kejahatan, hanya saja ini berada di sentuhan jari pada perangkat telepon genggam,” kata inspektur polisi negara Joseph D'Amico.

Masyarakat dapat memberikan informasi berharga yang bisa mencegah tragedi seperti yang terjadi di Paris beberapa waktu  lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement