Selasa 01 Dec 2015 10:57 WIB

Pemakaian Kondom Cegah AIDS, Paus: Itu Hanya Isu Kecil Dibanding Kelaparan

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Teguh Firmansyah
Paus fransiskus
Paus fransiskus

REPUBLIKA.CO.ID, BANGUI --  Paus Francis  enggan membicarakan penggunaan kondom untuk mencegah penularan HIV dan AIDS. Menurutnya ada isu-isu yang jauh lebih penting daripada AIDS seperti malnutrisi, kerusakan lingkungan,  kurangnya air bersih.

Seperti dilansir IBTimes, kemarin, Paus Francis mengunjungi Kenya, Uganda, dan Republik Afrika Tengah. Ia mengunjungi anak-anak yang terkena HIV di rumah sakit Uganda.

Bahkan Paus mencium setiap anak dan mendengarkan cerita seorang anak perempuan yang lahir dengan HIV. Ia juga berterima kasih kepada para petugas kesehatan yang merawat mereka.

Saat ditanya mengenai penggunaan kondom untuk mencegah HIV, Paus Francis menyatakan, itu hanyalah isu kecil di tengah banyak isu besar lainnya. "Banyak orang mati karena mereka tak punya air, makanan, atau rumah, kalau masalah itu sudah bisa diselesaikan, baru dipikirkan soal kondom dan AIDS."

Francis sepertinya tidak mau terlibat dalam perdebatan panjang penggunaan kondom. Pada 2009, pendahulunya Paus Benediktus XVI membuat pernyataan kontroversial saat melakukan kunjungan ke Afrika. Saat itu ia menyebut kondom dapat memperburuk masalah AIDS. Menurutnya, ajaran tradisional gereja yang bisa menghentikan penyebaran.  

 

 

sumber : IB Times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement