Selasa 01 Dec 2015 17:47 WIB

Monumen Taj Mahal Bukan Candi Hindu India

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Taj Mahal
Foto: Pawan Sharma/AP
Taj Mahal

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pemerintah India membantah klaim oleh sekelompok pengacara bahwa monumen Taj Mahal adalah sebuah kuil Hindu. ‘’Pemerintah tidak menemukan bukti untuk mendukung klaim tersebut,’’ kata Menteri Kebudayaan India Mahesh Sharma seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (1/12).

Para pengacara yang mengajukan permohonan di pengadilan tahun lalu mengatakan, monumen harus diserahkan kepada orang-orang Hindu.

Enam pengacara di Kota Agra, lokasi monumen, mengatakan di pengadilan ada bukti substansial untuk membuktikan monumen tersebut awalnya sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa Siwa Hindu. Mereka mendesak pengadilan untuk menyatakan monumen candi Hindu.

Taj Mahal, sebuah makam dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan, seorang Muslim, setelah kematian istrinya. Taj Mahal diselesaikan oleh Shah Jahan pada 1653 sebagai makam untuk istri ketiga dan kesayangannya, Mumtaz Mahal, yang meninggal melahirkan anak ke-14 mereka.

Struktur kompleks monumen kubah marmer putih dan menara dihiasi dengan batu semi mulia dan ukirannya dianggap sebagai contoh terbaik dari seni Mughal di India. Pada tahun 1983, Taj Mahal menjadi situs Warisan Dunia Unesco dan menarik jutaan pengunjung setiap tahun. Monumen ini menarik sekitar 12 ribu pengunjung per hari.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement