Sabtu 23 Jan 2016 11:00 WIB

Di Negara Ini, Air Mendidih Berubah Beku dalam Hitungan Detik

Rep: c21/ Red: Bilal Ramadhan
Musim dingin (ilustrasi)
Foto: AP/Scott Heppell
Musim dingin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MONGOLIA -- Sebuah rekaman video dari seorang pria dari kota Manzhouli, bagian dari negara Mongolia melakukan percobaan dengan melemparkan air mendidih di dalam suhu udara -24 celcius. Dengan melemparkan air mendidih tersebut, terlihat air langsung berubah menjadi uap beku seperti salju.

Rekaman yang luar biasa menunjukkan pria yang mengenakan mantel tebal dan sarung tangan hitam, berdiri di tengah alun-alun kosong mencengkeram ketel dan cangkir. Dia mulai hati-hati menuangkan air mendidih ke dalam cangkir di tengah angin dingin.

Pria, yang tidak diketahui namanya itu kemudian mengambil langkah mundur sebelum melemparkan air mendidih darinya. Air segera berubah menjadi uap beku dan dapat dilihat mengambang ke kejauhan.

Klip video berdurasi 30 detik berakhir dengan awan putih seperti menghilang dari pandangan. Air mendidih yang dilemparkan, hanya dalam hitungan detik berubah menjadi kristal sangat cepat ketika udara di sana begitu dingin.

Suhu di dalam negeri biasanya antara 1 C sampai -24C selama musim dingin tiba. Kegemaran melakukan hal itu, sebelumnya telah popular di Inggris. Para ahli mengatakan tidak harus mencoba hal tersebut kecuali suhu udara sekitar -30 derajat celcius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement