Rabu 03 Feb 2016 07:39 WIB

Seorang Warga AS Tertular Zika Setelah Berhubungan Badan

Gigitan nyamuk dengan pembawa virus zika jadi penyebab munculnya penyakit.
Foto: wikipedia
Gigitan nyamuk dengan pembawa virus zika jadi penyebab munculnya penyakit.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kasus pertama penularan virus zika di Amerika Serikat (AS) telah dilaporkan menimpa salah seorang warga di wilayah Texas. Departemen Kesehatan negeri setempat menyampaikan, berdasarkan laporan Layanan Kemanusiaan dan Kesehatan Dallas County disebutkan, pasien itu tertular virus zika setelah melakukan hubungan badan dengan seseorang yang sakit dan pulang dari satu negara tempat virus zika menyebar.

Karena alasan pribadi dan rahasia medis, lembaga itu tidak memberi keterangan tambahan mengenai identitas pasien. "Sekarang kita tahu virus zika dapat ditularkan melalui hubungan seks. Ini meningkatkan kegiatan kesadaran kami dalam mendidik masyarakat mengenai perlindungan diri mereka dan orang lain," kata Zachary Thompson, direktur Layanan Kemanusiaan dan Kesehatan Dallas County, Rabu (3/2). 

(Baca Juga: Vaksin Zika Segera Hadir).

Zika, yang terutama menular melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi, diduga menjadi penyebab cacat pada bayi, seperti microcephaly, atau kepala kecil. Saat ini, tak ada vaksin untuk mencegah atau obat untuk menyembuhkan pasien penyakit tersebut.

Sebanyak satu dalam lima orang yang terinfeksi virus zika akan mengalami gejala yang meliputi demam, muncul ruam, nyeri sendi, dan mata merah. Penyakit itu biasanya sedang dengan gejala yang berlangsung selama beberapa hari sampai satu pekan. Jarang pasien yang terserang parah memerlukan perawatan di rumah sakit dan angka kematian akibat virus tersebut rendah.

(Baca Juga: WHO Tetapkan Virus Zika Darurat Kesehatan Global).

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement