Kamis 04 Feb 2016 15:00 WIB

Pangeran Charles Dijuluki Seniman Paling Sukses di Inggris

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Pangeran Charles
Foto: Reuters/Mark Blinch
Pangeran Charles

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pangeran Charles telah diakui menjadi satu seniman paling sukses yang masih hidup di Inggris, Kamis (4/2). Ia telah mengumpulkan jutaan poundsterling untuk amal dengan menjual salinan lukisan-lukisan buatannya.

Dikutip Daily Mail, lukisan itu dijual di toko di kediaman keluarganya, Highgrove House. Sejak 1997, lukisan cat airnya telah menyumbang dua juta poundsterling untuk The Prince of Wales’s Charitable Foundation.

Ditambah dengan pendapatan dari penjual benda seni yang sebelumnya mengurus penjualan litograf Pangeran Charles yang mencapai sedikitnya empat juta poundsterling. Menurut Robert Mendick dari Daily Telegraph, secara total hasil karya itu dijual untuk tujuan baik.

Jika dibandingkan dengan seniman-seniman sukses lain, Pangeran Charles termasuk dalam kelas elit. Seniman sukses lain mendapatkan rata-rata 100 ribu poundsterling per tahunnya menurut survei terbaru. Sementara Pangeran Charles mendapat 200 ribu poundsterling per tahun.

Harga litograf yang dipajang di toko Highgrove dibanderol dengan harga 2.500 poundsterling. Sementara di Belgravia Gallery yang sebelumnya menangani penjualan, karya seni terbatas buatan Pangeran Charles dibanderol hingga 15 ribu poundsterling.

Mantan suami Putri Diana ini selalu melukis menggunakan cat air dan tidak pernah menjual lukisan aslinya. Ia telah melukis sejak beberapa dekade lalu dan terinspirasi oleh master seni di Gordonstoun, Skotlandia, Robert Waddel pada 1970-an.

Fokus utama lukisan Pangeran Charles adalah pemandangan dan lanskap. Lokasi favoritnya termasuk kediaman Ratu di Balmoral dan Sandringham House. Pangeran Charles sering berbagi kecintaannya tentang seni pada publik hingga membuat dokumenter yang tayang pada 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement