Sabtu 06 Feb 2016 21:36 WIB

Posko Darurat untuk WNI di Taiwan Didirikan

Red: Nur Aini
Petugas SAR mencoba mengevakuasi korban dari gedung yang rubuh akibat gempa di Taiwan, Sabtu (6/2).
Foto: EPA/RITCHIE B. TONGO
Petugas SAR mencoba mengevakuasi korban dari gedung yang rubuh akibat gempa di Taiwan, Sabtu (6/2).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei mendirikan posko darurat di Tainan yang merupakan wilayah terparah terkena gempa bumi berkekuatan 6,4 pada Skala Richter di Taiwan selatan, Sabtu dini hari (6/2).

Dalam keterangan persnya, KDEI mengimbau masyarakat Indonesia di Taiwan dalam kondisi darurat terkait bencana alam tersebut dapat menghubungi nomor +886979407214.

"Sejauh ini kami belum menemukan adanya WNI yang menjadi korban gempa, baik meninggal dunia maupun luka," kata Isy Karim selaku juru bicara KDEI Taipei.

Menurut dia, dua korban tewas dan 55 luka-luka bukanlah warga negara Indonesia. Dalam mendirikan posko darurat gempa di Tainan, KDEI dibantu pemerintah setempat dan organisasi kemasyarakatan Indonesia.

Karim menjelaskan bahwa gempa yang terjadi pada pukul 03.57 waktu setempat itu berkedelaman 16,7 kilometer dengan titik episentrum di timur laut Kabupaten Pingtung. Dampak gempa bumi dirasakan di seluruh wilayah Taiwan selatan, dengan intensitas kuat terjadi di Kabupaten Yunlin, Kota Kaohsiung, Kabupaten Pingtung, Kota Tainan, dan Kabupaten/Kota Chiayi.

Getaran gempa bumi selanjutnya dirasakan sebanyak lebih dari 10 kali di Kota Tainan dengan kekuatan gempa bumi berkisar 3,7-4,9 SR, dengan kedalaman 21,5 - 33,1 kilometer yang tercatat hingga pukul 07.30.

Tainan merupakan bekas Ibu Kota Taiwan dengan struktur bangunan di wilayah tersebut mayoritas berusia tua.

Menurut keterangan yang disampaikan pihak otoritas setempat, hingga pukul 11.00, sekitar 10 apartemen mengalami kerusakan parah, termasuk diantaranya apartemen setinggi 16 lantai yang roboh.

Lebih dari 130 orang berhasil diselamatkan dari gedung apartemen yang runtuh. Sebanyak 55 orang dibawa ke rumah sakit di Tainan dan dua orang meninggal dunia saat dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Baca juga: Satgas TKI Pastikan tak Ada WNI Tewas dalam Gempa Taiwan

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement