Ahad 07 Feb 2016 06:30 WIB

Suplier Apple Inc Terkena Dampak Gempa Taiwan

Rep: Adysha CR/ Red: Hazliansyah
Petugas SAR mencoba mengevakuasi korban dari gedung yang rubuh akibat gempa di Taiwan, Sabtu (6/2).
Foto: EPA/RITCHIE B. TONGO
Petugas SAR mencoba mengevakuasi korban dari gedung yang rubuh akibat gempa di Taiwan, Sabtu (6/2).

REPUBLIKA.CO.ID, Gempa di Taiwan yang terjadi pada Sabtu dini hari dengan kekuatan 6,4 skala richter menyebabkan banyak jatuhnya korban jiwa dan korban luka. Selain itu, gempa juga berpengaruh pada salah satu pemasok perusahaan teknologi raksasa temuan Steve Jobs, Apple Inc.

Suplier Apple Inc. Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd (TSMC) mengungkapkan, gempa di Taiwan menyebabkan kerusakan pada material-material semi konduktor bernama wafer silikon. Saat gempa terjadi, material tersebut tersimpan di pabrik TSMC yang terletak di selatan Taiwan.

Gempa ini mengenai salah satu dari fasilitas terbesar dan terbaru material semi konduktor wafer 12 inchi TSMC di Taiwan. Meski begitu, gempa hanya mempengaruhi tidak lebih dari satu persen dari seperempat pertama dari pengiriman pasokan TSMC.

"Perusahaan memperkirakan, gempa ini hanya mempengaruhi pengiriman wafer tidak lebih dari satu persen dalam kuartal pertama 2016," terang Juru Bicara TSMC, Elizabeth Sun, dikutip dari sbs.com, Ahad (7/2).

Sebagai tindak lanjut, Sun mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan mengabarkan kepada pelanggan yang terdampak gempa terhadap produksi wafer silikon. Terhadap hal tersebut, Sun juga menjanjikan bahwa perusahaan akan mengupayakan meningkatkan kembali berbagai produksi mereka yang rusak dalam waktu singkat.

Sun mengatakan saat ini pihaknya masih mendata kerusakan yang menimpa wafer yang sedang mereka produksi. Akan tetapi, ia memperkirakan lebih dari 95 persen dari peralatan yang terdampak gempa dapat kembali berfungsi normal dalam dua hingga tiga hari ke depan.

"Kami akan meningkatkan aktivitas produksi," jelas Sun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement